Model 5E
Salah satu model pembelajaran yang bersesuaian dengan engineering design process (EDP) adalah model 5E.
Model pembelajaran 5E dikemukakan oleh Bybee & Landes (1988) terdiri dari engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation.
Contoh kegiatan peserta didik dalam pembelajaran 5E pada setiap tahap dapat dilihat pada tabel berikut :
No | Tahap | Kegiatan |
1 | Enggagement | menarik minat siswa untuk mempelajari topik yang akan diajarkan |
2 | Exploration | melakukan eksplorasi mengenai konsep-konsep yang diperlukan |
3 | Explanation | menjelaskan berbagai prinsip dan konsep berdasarkan hasil eksplorasi |
4 | Elaboration | menggunakan prinsip, konsep yang telah dimilikinya untuk dalam situasi baru |
5 | Evaluation | melakukan evaluasi |
Hubungan antara model 5E dengan engineering design process dapat dilihat pada gambar berikut (Morgan, 2013)
Dalam implementasi pembelajaran, model 5E tidak kaku semua tahap harus dilaksanakan dalam satu pertemuan atau setiap tahap hanya boleh dilakukan satu kali selama proses namun tahapannya dapat dilaksanakan secara berulang (siklus) seperti gambar di bawah ini.
Gambar 3. Alur Pembelajaran 5E (Gunawidjaja, 2018)
Reference :
Morga, James R, et al (2013). ENGINEERING BETTER PROJECTS. R.M. Capraro, M.M. Capraro, & J. Morgan (eds.), STEM Project-Based Learning: An Integrated Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Approach, 29–37. © 2013 Sense Publishers.
Gunawidjaja, P. N. (2018). Ragam Metode Pembelajaran pada Topik Teknologi Digital . In PGF (p. 44). Bandung: Program Studi Fisika, Universitas Katolik Parahyangan .