Pembelajaran Masa Depan

Pembelajaran Masa Depan

Bagaimana kira kira potret pembelajaran masa depan, Prof.Greg Shaw dari Charles Darwin Australia mengulasnya dalam sesi seminar 5 Oktober 2021. Berikut pemaparan Prof.Greg Sha

https://www.youtube.com/watch?v=40HTCaPDY9s

Untuk file presentasi, silahkan Klik Di sini

Resume materi yang disampaikan prof.Greg Shaw, disampaikan oleh Agung Rusiawati dan Ayuk Ratna Puspaningrum.

Future Learning oleh Agung Rusiawati

Changes in our educational environment lead, in turn, to changes in our approaches to teaching  and learning. These changes also impact on our teaching and learning paradigms. Some Paradigm  shifts in education over recent decades are: 

  • Behaviorism vs constructivism 
  • Teacher-centered vs Students-centered : Teachers and educators must become facilitators, moderator and motivator so that students could get and find information themselves in this digital era at 21’th century. 
  • Teaching-centered vs learning-centered 
  • Teaching vs learning facilitation : Learning facilitation has to do with strategies and activities that  focus on optimizing the learner’s learning process. Just as the term indicates, the emphasis is on  the facilitation of learning  Learning STEM is important because many reasons: STEM is critically important for every  person, community, and country, STEM occupations are growing rapidly – salaries, career,  futures, STEM – critical thinkers, increases science literacy, and enables innovators, most jobs of  the future will require an understanding of math, science, IT and engineering. But STEM  graduates are decreasing. So that way, appear STE(A)M – Connection to the Arts – aesthetics,  creativity, communications. STE(A)M promotes 21st-century skills – skills for living.

Pembelajaran Masa depan, diringkas oleh Ayuk Ratna Puspaningrum

  1. STEM sangat penting dalam kehidupan seseorang, komunitas dan negara. Banyak pekerjaan yang membutuhkan STEM dan pekerjaan masa depan akan mememerlukan ini. STE(A)M dapat mencetak orang yang memiliki kemmapuan berpikirr kritis, meningkatkan literasi sains dan juga menghasilkan inovator. 
  2. Ketika kita melihat apa saja keterampilan abad 21 yang harus dikuasai oleh seseorang, maka pembelajaran yang dikemabngkan oleh seorang guru haruslah mengarah pada pendekatan STE(A)M.
  3. Pendekatan dalam pembelajaran STEM: (1) fokus pada konten, (2) belajar tentang sistem dan dan bagaimana sistem itu bekerja dan (3) membuat keterhubungan antar konten
  4. Dalam perkembanganya, STE(A)M pada abad 21 akan berkontribusi pada robotik,, transportasi, komunikasi, diagnosa dan pengobatan, seni, hiburan, e-commerse
  5. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru dalam pembelajaran: 1) cara memfasilitasi cara siswa belajar baik itu dengan teori kognitif, konstruktivitis, sosial konstruktivitis dan pembelajaran transformatif, 2) pembelajaran berpusat pada peserta didik dan 3) keterlibatan siswa melalui pembelajaran eksperimen, PBL dan diskusi
  6. Disrupsi pembelajaran STEM di abad 21 ini yang harus diperhatikan oleh guru adalah 1) kepemilikan gadget pribadi, 2) internet, pembelajaran mode baru (PJJ) dan pandemi covid-19.
  7. Guru yang menggunakan STE(A)M kedepannya akan 1)memiliki digital literasi, 2) paperless, 3) menggunakan digital tools, 4) melakukan asesmen formatif, 5) berkolaborasi
  8. Hal-hal yang menyebabkan guru tidak dapat menjadi guru yang menerapkan STE(A)M adalah 1)sulit untuk berubah, 2)lambat mengikuti perkembangan, 3)rendahnya kreativitas, kepemimpinan dan inovasi, 4) menunggu guru lain untuk bergerak
  9. Meskipun saat ini ada IA, peranan guru tidak tergantikan yang ada kedepannya adalah perubahan tentang sekolah dan cara mengajanranya.

Dengan demikian dapat saya simpulkan bahwa, sebagai seorang guru kita harus mengikuti perkembangan zaman, cara mengajar kita juga harus berubah mengikuti tuntutan keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang siswa. STE(A)M saat ini merupakan pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *