Enjiniring Desain Proses
Karakteristik pembelajaran STEM yaitu terlaksananya desain proses enjiniring ?Engineering Desain Process (EDP). Secara garis besar, proses EDP dapat disederhanakan menjadi rangkaian siklus sebagai berikut.

- Think yaitu memikirkan untuk apa produk dibuat, apa kegunaannya dan bagaimana spesifikasinya.
- Design yaitu membuat rancangan yang sesuai dengan spesifikasi termasuk menentukan alat bahannya.
- Create yaitu membuat produk sesuai rancangan.
- Test yaitu menguji coba apakah produk yang dibuat sesuai dengan spesifikasi atau tidak.
- Redesign yaitu memperbaiki rancangan produk.
Tahapan EDP di atas pada umumnya digunakan untuk pembelajaran pada tingkat dasar. Untuk tingkatan yang lebih tinggi misalkan di tingkat SMA, dapat menggunakan alternatif tahapan STEM yang dikemukakan oleh James R Morgan (Akgun, 2013), tahapan-tahapannya adalah :
- Identify Problem and Constraint
- Research
- Ideate
- Analyze Ideas
- Build
- Test and Refine
- Communicate and Reflect
Sebelum mengembangkan sebuah produk, dalam EDP tahap pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi masalah dan batasan batasan nya (Identify Problem and Constraint), selanjutnya adalah melakukan riset atau penelitian guna memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai alternative solusi yang akan dikembangkan. Setelah memperoleh alternative solusi, langkah berikutnya adalah mengembangkan ide (Ideate) mengenai produk yang diusulkan guna memecahkan masalah tersebut, menganalisis Ide kemudian mengembangkan produk (Build). Setelah produk dikembangkan langkah berikutnya adalah menguji coba produk dan memperbaikinya serta langkah terakhir adalah mengkomunikasikan.