PjBL STEM
Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu karakteristik dari pembelajaran berbasis STEM. Laboy-Rush mengemukakan 5 tahap dalam pembelajaran berbasis proyek STEM yaitu
- reflection, tahap membawa peserta didik ke dalam konteks masalah dan memberikan inspirasi kepada peserta didik untuk mulai menyelidiki/investigasi.
- research, tahap memfasilitasi peserta didik mengambil bentuk penelitian, meneliti konsep sains, memilih bacaan atau mengumpulkan informasi dari sumber yang relevan.
- discovery, peserta didik mulai menemukan proses-proses pembelajaran, menentukan apa yang masih belum diketahui serta menemukan langkah langkah proyek sebagai pemecahan masalah
- application, peserta didik memodelkan suatu pemecahan masalah, menguji model yang dirancang, berdasarkan hasil pengujian siswa dapat mengulang ke langkah sebelumnya
- communication, peserta didik mempresentasikan model dan solusi langkah ini untuk mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi serta kemampuan untuk menerima dan menerapkan umpan balik yang membangun
Dalam membangun proyeknya, peserta didik mendapatkan pengalaman dalam melakukan proses desain enjiniring / Engineering Design Process (EDP) seperti terlihat pada gambar.